Selasa, 03 November 2015

Bunga Ashar Megar

Beberapa foto bunga ashar megar. Sebenarnya saya kurang tahu nama ilmiah bunga itu. Namun orang Jawa sering menyebutnya bunga ashar megar karena setiap waktu ashar yang mulai sekitar jam setengah tiga, bunga itu mekar. Hal itu memang benar-benar terjadi seperti bunga yang saya amati di depan rumah saya ini. Untuk memotret saat bunga itu mekar, tentunya saya harus menunggu waktu sore.


Sebenarnya warna bunga ini bermacam-macam. Ada yang kuning, putih, putih dengan titik pink, pink, dll. Namun saya hanya memiliki bunga yang berwarna merah sedikit ungu ini. suatu saat ketika saya menemukan warna-warna yang lainnya, akan sata post lagi, hehehe.

 Tanaman ini berkembang biak dengan biji. Di bawah bunga ada bakal biji yang masih muda dan masih lunak cangkang bijinya. lama-kelamaan biji yang masih berwarna hijau itu akan semakin menua dan kering. Akhirnya, warnanya akan menjadi hitam seperti pada gambar di atas. Setelah warna biji hitam, biji siap di tanam. Taruh biji di tempat yang subur dan jangan lupa menyiramnya.

Walaupun mudah menanamnya, tapi Anda harus waspada dengan belalang. seperti yang ada pada foto ini, belalang menyukai daun tanaman ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar